SELAMAT DATANG... SELAMAT MENIKMATI HIDANGAN KAMI, (ITU JUGA KALO ADA)

Senin, 13 Juni 2011

TV adalah Televisi


TV adalah Televisi, dan televisi adalah sebuah alat yang sering disebut TV, jadi kesimpulannya TV adalah Televisi sementara Televisi adalah TV,, dan berisi adalah kosong dan kosong adalah berisi (Biksu Tong mode is on). Setiap orang pasti kenal dengan TV, gue juga kenal TV, hmm waktu itu hujan gerimis,, di halte bus gue berjumpa dengan TV, dia ngasih senyum termanis buat gue, dan guepun tersipu malu...(sepertinya gue ketuker antara TV dan bocah 5 tahun siswi Taman Kanak2 Melati yang gue kecengin). Intinya semua orang tau TV!! tapi gak semua orang tau cara betulinnya kalo TV. Berikut tips yang mau gue kasih kalo TV loe di rumah tiba-tiba rusak.

1. Pastikan bahwa tv itu milik sendiri. bukan punya tetangga, karena jika kalo ketuker, sayang banget cape-cape kita betulin ternyata punya tetangga. Pastikan juga bahwa itu adalah benar-benar tv, jangan sampai tertukar dengan Rice cooker.





2. Pastikan bahwa tv itu benar-benar rusak, bisa jadi tv tidak nyala karena emang  belum dicolokin ke listrik, bisa jadi tv mati karena bukan karena rusak, tapi sakit karena disantet!!!kalo kejadiannya sudah seperti ini  kita tidak dapat memperbaikinya. jangan sekali-kali menghubungi dokter, dokter takkan bisa mengindentifikasi penyakit yang diderita si tv, hubungi dukun setempat! ciri -ciri tv sakit diguna-guna  adalah bila dibongkar di dalam tv pasti akan terdapat benda-benda asing yang bermuatan mistis, seperti keris, batu jimat, atau tiket nonton konser Justin Beiber. Tapi bila tidak ada tanda-tanda seperti itu, maka kita lanjutkan ke langkah selanjutnya..

3. Siapkan Peralatan, beberapa peralatan yang diperlukan untuk service tv yaitu : 
    * tang
    * obeng
    * tespen
    * solder
    * penyedot tinja timah
    * multitester

sekedar jaga-jaga, sediakan juga alat-alat tersebut :
    * palu
    * martil 
    * cangkul

4. Mulai melakukan pembedahan pada tv, buka cover belakang tv dengan melepas baut pengikatnya dengan obeng, setelah terbuka, anda akan melihat beberapa komponen tv, diantaranya seperti PCB, power supply, tabung, playback,speaker, dll. periksa dengan teliti, bisa jadi kerusakan tv disebabkan oleh binatang yang masuk kemudian tersetrum didalamnya sehingga membuat tv terjadi korslet. Biasanya binatang yang bisa kita temukan sebagai penyebab korslet itu diantara lain cecak, kecoa, laba-laba, kuda, dan harimau.



5. Sebelum kita melakukan pengecekan ke sistemnya yang rumit, kita bisa mengecek dengan cara yang mudah terlebih dahulu, yaitu dengan penglihatan. cek jika ada komponen yang gosong, hangus, hancur atau apapun yang sepertinya mencurigakan. Cek juga siapa tau ada miyabi yang terselip disana, karena waktu hancurnya beberapa wilayah dijepang karena tsunami, miyabi dikabarkan menghilang. Bila ditemukan keganjilan semisal kapasitornya gosong, maka kita bisa menggantinya sendiri dengan membelinya di toko komponen elektronik dan untuk pemasangannya kita bisa solder sendiri. Hati-hati dalam cara memanaskan solder, sering kali kita tidak tau cara memanaskan solder yang benar, berikut adalah gambar tata cara memanaskan solder.


panaskan solder!!




6. Apabila setelah mengganti komponen yang rusak ternyata tv masih belum nyala juga, cobalah gunakan beberapa alat alternatif yang sudah dipersiapkan tadi, gunakan martil atau cangkul...  bisa jadi sedikit kekerasan  menghasilkan keajaiban.

7. Bila masih belum berhasil juga, ya apa boleh buat... panggilan tukang service TV, atau alternatif lain belilah tv baru, sadarilah tv anda sudah jelek, model lama, sering sakit-sakitan, dan ketinggalan zaman. sudah waktunya anda mengganti tv anda, bisa jadi tv anda rusak karena ada sabotase dari anak atau isteri anda yang ingin segera dibelikan yang baru. 

jadi kesimpulannya sayangilah anak dan isteri anda..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar