SELAMAT DATANG... SELAMAT MENIKMATI HIDANGAN KAMI, (ITU JUGA KALO ADA)

Sabtu, 12 Maret 2011

Genset


Ini Adalah Genset. Mesin penghasil Energi listrik dari tenaga Minyak. Bisa solar bisa bensin. Tapi janganlah kita isi minyak kayu putih.. (emang masuk angin?). Genset ini biasanya selalu aja dan mejeng di gedung-gedung suatu instansi. Bisa itu Hotel (kayak tempat gue ini) bisa kantor, rumah sakit, rumah sembuh, rumah pak RT dan dimanapun bisa dijumpai

Genset ada dimana -mana Karena genset ini merupakan alat pengganti ketika listrik dari PLN mati. Yang membedakannya paling bentuk dan kapasitas energinya aja. Kalo genset yang ada di hotel ato kantoran pasti kapasitasnnya gede, berkisatan antara 500 - 1000 Kva. Wujudnya juga gede dan udah dilengkapi sistem otomatis. Namanya Auto Syncrone. Kalo PLN mati ya Genset otomatis nyala kalo PLN idup lagi yang Genset otomatis mati. Beda sama genset kecil yang bisa dipake dirumahan, seperti rumah pak RT tadi, biasanya belum otomatis. Tapi nunggu teriakan isteri ama anak-anak dulu buat idupinnya.  Kalo udah nyampe di kuping tu omelan, maka si pemilik biasanya langsung menarik tuas pemutarnya dan nyala lah si genset dan tentramlah kembali keluarga tersebut... (happy ending)


                                 Panel Automatic Genset

Nah Gue sebagai teknisi biasanya sering direpotin sama ini mesin kalo lagi error Automaticnya. Gak tau karena mikirin apa tu mesin.. Mungkin karena putus cinta atau apa, tau-tau error aja.. si teknisi yang menjaga suatu instansi tersebut biasanya lari terpontang -panting jungkir balik hingga ngesot -ngesot ke tempat genset berada. Buat nyalain secara manual. Soalnya kata bapak Bos,Suatu kerugian besar apabila listrik mati apalagi waktu yang cukup lama. bisa jadi para tamu mengamuk, komputer mati dan mesin-mesin lain yang butuh konsumsi listrik mati. Pokoknya Fatal. Makanya Genset ini ibaratkan jantung cadangan. Jantung pisang juga sepertinya enak buat dijadikan bahan makanan jika kita tau cara mengolahnya.. (loh kok?)

Berdasarkan pengalaman pribadi gue sendiri, Mau berbagi tips kepada temen-temen lain yang berprofesi sebagai teknisi operasional dan maintenance apabila menghadapi permasalahan ketika PLN listriknya mati dan Genset kebetulan Error.

1. Jangan Panik.

2. jangan Joged. karena hal ini tidak akan membantu apapun disituasi ini.

3. Segeralah Pergi ke tempat Genset Bersemayam. Apabila anda sedang di Lantai Atas dan posisi genset ada di basement, Jangan naik lift. (percuma, liftnya pasti mati) Turun lewat tangga darurat. jangan coba-coba loncat dari atas, apalagi jika anda berada di lantai 13. (selain 13 itu angka sial, anda pasti geger otak).

4. Bila sudah berhadapan dengan Genset yang error.  Tenangkan diri anda. (tapi jangan terlalu santai sambil menyuruput secangkir kopi, kelamaan dodol!!!)

5. segera lakukan tindakan pemindahan ke operasi manual sesuai prosedur kerja. jika anda bingung, dan tidak bisa, berarti anda dalam masalah besar...  (sokooor!!!! Makanya belajar!!!)

6. Informasikan kepada sekurity atau pos keamanan bahwa situasi aman terkendali dan sebentar lagi listrik akan nyala. Bila perlu informasikan juga bahwa anda adalah seorang jomblo yang haus akan kasih sayang.. (siapa tau ada gadis cantik yang iba).

7. Setelah pemindahan operasi ke manual selesai, maka tulis laporan bahwa sistem otomatis sedang error ke atasan anda. Jangan coba-coba diinformasikan ke pacar anda karena hal tersebut tidak akan membuat pacar anda semakin cinta kepada anda.

Selamat mengaplikasikan tips, selamat bekerja. Salam dari Pak RT yang gensetnya udah nyala tadi.. 


Terima kasih...


2 komentar:

  1. koo begitu doang juga bisa, update dong cara syncrone manualnya.

    BalasHapus
  2. Hahahahaha.... Aseli ngakak bacanya, emang gak dimana-mana yg namanya nengnisi eh, teknisi maksudnya, suka ketularan penyakit ama yg di handle-nya... Keep up the error bro...!!!! Wkwkwkwkwk....

    BalasHapus