SELAMAT DATANG... SELAMAT MENIKMATI HIDANGAN KAMI, (ITU JUGA KALO ADA)

Senin, 06 Juni 2011

Antara Online Dan Orang Ketiga


Setelah sekian lama gue gak buka facebook di laptop dikarenakan modem gue gak ada pulsanya, kepala gue sering pusing, mual-mual, terkadang tumbuh kutil diwajah.. sepertinya gue demam, gue sakau, Gue mabok Online!!!

Setiap hari gue masih pantau facebook, walaupun Cuma lewat hape, itupun pake situs gratis yang di kasih provider selullernya. Walau tampilannya gak ada fotonya, sederhana banget, bahkan lebih sederhana dari Rumah Makan Sederhana milik Bu Saodah. Sekedar liat-liat status temen gue, dan sekedar pantau pergerakan facebook pacar gue, kalau-kalau tiba- tiba facebook pacar gue itu bergerak kearah barat daya ataupun timur laut jadi gue bisa tau. Tapi gak tau kenapa gue pengen banget online, gue kangen sama blog gue yang sudah lama terbengkalai ini. Siapa tau udah banyak semak belukarnya disana saking jarang banget gue masukin, dan gue postingin . Gue takut blog gue yang selama ini tak disinggahi ternyata sudah berubah fungsi dijadikan tempat lokalisasi oleh warga setempat. Tidaak!!!

Pulang gawe gue langsung cabut ke luar sambil selendangin tas laptop. Niatnya gue mau nebeng online di plaza deket kosan.  Plaza Kaktus, plaza ini sebenernya masih satu management dengan hotel tempat gue kerja. Staff  hotelpun kadang rangkap kerja dengan plaza ini. Dan gue pun pernah dimutasi selama dua minggu kerja di plaza ini. Menurut gue kerja 2 minggu disini bagaikan kerja di surga! Tiap hari cuci mata liatin cewek-cewek cantik yang lalu-lalang walau jarang. Kerjanyapun nyantei banget, slow.. slow.. kadang dalam satu hari gue Cuma melongo jagain genset sampe bego.Dan fakta yang begitu mengiris hati tentang Plaza ini adalah, Plaza paling garing seantero kota Bandar lampung!! Isinya kosong melompong gak ada apa-apa. Tenant-tenantnya pada pergi entah kemana, pada kabur  mungkin ke Amrik atau Palestina. Semakin hari semakin sepi aja. Beberapa bulan yang lalu lantai dua masih ada  swalayannya, dan sekarang lenyap , berubah jadi lapangan tak bertuan didalam gedung. Kalo gue boleh saran sih, diwakafkan saja! Siapa tau lebih bermanfaat dijadikan Tempat Pemakaman Umum.  Tapi gokil juga kalo beneran didalem mall ada kuburannya.

Setidaknya  di tempat ini banyak karyawan yang udah kenal sama gue, Securitynya juga teknisinya. Jadi kalopun gue Cuma nebeng online disana gakkan ada yang usir.  Karena gue pernah berjasa menyelamatkan plaza ini walau Cuma sebentar dan  gak ngefek juga. Lagian Wifinyapun gue yang pasang. Jadi boleh dong kalo gue pake nebeng online. Ketika gue duduk, pesen semangkok sop buah , lalu online, ternyata wifinya kampret! Gak nyambung ke internet! Mungkin nyambungnya ke pasar loak, sumpreet! Gue bête!! Sop buah udah gue pesen.  Mau gak mau gue abisin sop buah sambil beresin laptop lagi, entah Cuma perasaan gue doang yang lagi bête atau beneran, tadi sop buah yang gue makan agak bau bubuk mesiu. Arrghh., jangan-jangan ada teroris disini yang menyamar jadi tukang sop buah.. Gue langsung cabut dari plaza.

Sial, pengen banget Online, gue kudu kemana? Modem gue juga brengsek, gak bisa diisi pulsa goceng, kudu lebih dari seratus ribu buat ngelanjutin paket. Paketnyapun kampret. Seperti berbau money politic, soalnya gak bisa di cancel dan balik lagi ke regular. Akhirnya gue nyebrang lapangan saburai, gue menemukan speedy corner disana.  Mudah-mudahan bisa konek. Soalnya tiap gue kesini gue internetnya gak pernah bisa nyambung. Disana lagi sepi. Cuma ada sesosok cewek memakai baju kuning ke hijau-hijauan (entah si cewek abis  nyebur dari Septik tank kali ya? Warna bajunya gitu amat). Gue duduk di samping cewek cantik yang lagi sibuk sama laptopnya disana.  Cepat-cepat gue login dan ternyata …

Gue : “ah kampret….”

Suara gue kedenger sama cewek di sebelah, si cewek nengok  mungkin dia penasaran kata kampret yang gue keluarkan itu untuk siapa, kalo buat dirinya, pasti dia udah siap-siap nimpuk gue pake laptopnya.

Cewek : “ ada apa kak?”

Eh ternyata kedenger ma cewek itu, gue cepet-cepet ngasih senyum, takutnya dia marah disangka gue bilangin dia kampret.

Gue : “eh ini, internetnya .. gak konek”
Cewek : “ngambung kok, cepet malah… eh kak bisa minta tolong gak?”

Gue aja belum loe tolong.. loe udah minta tolong.. tapi gak tau kenapa gue gak marah,, mungkin cewek ini mirip Agnes Monica… iyah! Bener mirip, walau agak chabby dikit. Kalo tuh cewek  punya tompel sedege bakwan Mak Ijah, mungkin gue gak seramah ini..

Gue : “iya minta tolong apa?”
Cewek : “ ini kak, aku mau download video di youtube caranya gimana yah?”

Gue cek laptopnya, ternyata dia gak pasangin program IDM (internet Download Manager), makanya susah buat download langsung.

Gue : “oh, itu harus pake IDM dulu, baru bisa”
Cewek : “Gumana tuh kak cara dapet IDMnya?”

Karena gue males jelasin panjang lebar tentang IDM itu, Yaudah gue bilang aja iya nanti kakak kasih, kakak punya programnya, cewek itu keliatan seneng banget, mendadak jadi perhatian ke gue yang lagi kusut karena internetnya gak nyambung.

Cewek : “kak, internetnya udah nyambung belum? Coba Uchi liat?”

Ternyata gue Cuma  salah sambungin wifinya, ada 2 emang yang satu konek dan yang satu lagi enggak.
Pengen banget gue bilang hore sekenceng-kencengnya, trus guling-guling koprol disana saking senengnya. Tapi Ada cewek  disini, Gue jaim. Sebagai tanda terima kasih, gue bantuin dia instalin IDM di laptopnya.  Setelah bisa download, ternyata langsung download video clipnya Agnes Monica yang Paralized. Gue bilang juga apa ternyata dia fansnya Agnes, pantesan agak mirip. Nah Gue? Rupanya gue salah mengidolakan public figure sehingga berdampak gue jadi seperti ini, Gue mengidolakan Anjing Chihuahua.
Dan itu lah satu-satunya bantuan dari cewek itu buat gue.

Si cewekpun ngajak kenalan sama gue

Cewek : “ makasih ya kak, oh iya aku Uchi, kakak siapa?”
Gue : “ suya..”
Uchi : “kakak kuliah dimana?”

Loh, cewek ini nanyain gue kuliah dimana? Haha mungkin setelan gue kayak anak kuliah, yes! Gue adalah kuli berhasil berkamuflase sebagai anak kuliahan. Pengennya gue ngaku-ngaku jadi anak kuliah, seenggaknya gue sebutin aja universitas yang kedengerannya keren.. seperti ‘kakak kuliah di Oxford University’ tapi bakal kedenger konyol, kalopun gue bilang gue kuliah di universitas yang udah kebilang keren di Bandar lampung seperti UBL, Gue takut ditanya-tanyain mata perkuliahan.. nah nanti gue jawab apa?? Paling bisa gue jawab “kabelnya putus” apapun pertanyaan jawabannya “kabelnya putus” .

 Mending jujur aja..

Gue : “kakak gak kuliah,, kakak kerja”
Uchi : “ oh kenapa gak kuliah kak?”

Hmm, sepertinya pertanyaan cewek ini mulai memaksa, apa mungkin gue jelasin, dek… kakak ini orang tak punya, kakak Cuma kuli yang kerja merantau demi hidupin keluarga di bandung sana  bahkan beli gorenganpun kakak ngutang dulu. . terus si Uchi ini ngasih  koin gopek-an  sambil bilang hmm.. kasian…. Ini kak buat beli gorengan .. Enggaklah!!! gue rasa gue gak perlu jelasin , gue bilang aja,

“enakan kerja.. cari duit, daripada kuliah mikir pelajaran pusing..” (padahal gue pengen banget kuliah lagi)
Gue : “nah Kamu sendiri? Kuliah dimana?”
Uchi : “Unila..” (sambil senyum)
Gue : “jurusan?”
Uchi : “pengennya sih pendidikan Bahasa Inggris”
Gue : “ loh koq pengennya? Emang sekarang semester berapa?”
Uchi : “Belum… baru registrasi…”
Gue  : “owh kuliahnya belum mulai? Jadi sekarang baru lulus SMA?”
Uchi : “iya.. itu juga  tau keterima tau enggak”

Setelah percakapan ajaib itu gue bisa simpulin ternyata cewek ini NGAKU-NGAKU anak kuliah. Dan gue Cuma bilang “ohh…” sebagai pengganti kalimat “terserah lo aja!!”

Kemudian Gue mulai sibuk dengan blog gue, kangen banget, gue posting satu cerita tentang perjalanan gue dan pacar gue. Si Agnes Monica yang ngaku-ngaku kuliah itupun sibuk dengan beberapa video hasil downloadnya. Ketika Gue Buka foto gue di facebook, tiba-tiba Uchi nengok ke laptop gue dan ngagetin gue dengan bilang..

Uchi : “kak, Uchi pengen itu, minta donk..”

Seakan-akan Speedy Corner yang sedikit bau pesing ini berubah jadi taman bunga yang paling indah yang di kanan kirinya dihiasi bunga – bunga. Ada cewek minta foto gue! Tapi ketika gue inget sama pacar gue, mendadak sekaligus taman bunga itu hancur berkeping-keping kena misil yang diluncurkan pacar gue  yang murka maha dahsyat!

Gue : “ .. buat apa?” (sedikit Ge ‘Er)
Uchi : “bagus aja, biar gak bosen gak gambar tanda panah melulu, pilihannya banyak kan kak?”

Gue jadi bingung, uchi ini ngomongin apa sih, Di foto gue gak ada tanda panahnya? Sekalipun ada pasti tanda panahnya bertuliskan TOILET . Setelah  dia  geser-geser crusor laptop gue yang gambarnya Gear lagi muter-muter, Gue mudeng juga. Uchi bukan mau minta foto gue, tapi dia pengen crusor laptopnya diganti, gak tanda panah melulu.

Gue : “Owh Crusor…. Kirain…”
Uchi : “ kirain apa kak?”
Gue : “enggak .. gak apapa.. iya nanti kakak copy aplikasinya.”
Uchi : “iya kak, makasih ya..”

Jujur gue ngerasa sedikit keganggu juga sama si Agnes Chubby ini yang banyak maunya..  install ini install itu.. tadinya mau internetan koq sekarang malah  jadi sibuk instalin program ke laptop orang? Pas gue lagi instalin program di laptopnya itu, datanglah sesosok mahkluk berjaket kulit dan berparas Charly ST 12 mengendarai Mio Soul yang dikasih gambar tempel Donak bebek.

Dan Kucluk.. kucluk.. kucluk.. si Uchi yang centil menghampiri Charly gadugan meninggalkan laptopnya yang lagi gue otak atik. Dalam beberapa detik si Uchi ini sudah memboyong Pemuda Melayu itu ke tempat Gue.  Dengan centilnya di kenalin gue sama cowok itu.

Uchi : “Roni,, kenalin ini kakak yang bantuin Uchi dari tadi loh.. “

Gue dan Roni besalaman, Gue senyum dan Roni pun senyum ketus  terbaca dari raut wajahnya bilang “gue gak suka loe!”. Gue Bisa simpulkan bahwa Roni ST 12 ini adalah pacar si Uchi yang Pencemburu akut. Sial!! Kenapa gue jadi ngerasa jadi korban gini. Gue yang canggung banget belum selesain bantuan gue sepertinya mau gak mau harus gue selesaikan. Gue kasih penjelasan ke uchi abis ini klik ini dan abis klik ini kamu ketik ini abis itu kamu klik ini… Uchi Cuma manggut-manggut antusias dengerin penjelasan gue. Sesekali gue liatin raut muka Cowok itu, dan loe tau? Dia ternyata lagi liatin gue juga dengan nada benci, sebenci-bencinya.. cemburu.. Arrghh sial!! Gue jadi gak enak gini, rasanya gue pengen nyemplung ke sumur, tapi disitu gak ada sumur,,  bahkan tempat sampahpun udah kepenuhan buat nampung gue. Uchi masih Tanya-tanya gue, guenya udah males jelasin..

Si cowok semakin curiga, seolah-olah gue punya hubungan serius sama pacarnya itu. Gue kudu gimana ini? Apa gue acting aja yah? Seolah-olah gue cowok homo yang gak suka cewek dan perlahan mendekati si cowok sambil ngelus-ngelus dada si cowok sambil bilang ‘cowoknya uchi ganteng juga yaaah..” Jangan!! Terlalu beresiko …. Apa Gue kabur aja bawa laptop yang masih ditenteng?? Sepertinya ide yang buruk, disitu banyak security yang jaga, bisa-bisa gue babak belur disangka mau maling laptop gue sendiri. Arrgh.. Mak Erot!!! Tolongin Gue!!

Akhirnya Instalasi selesai, gue cepet-cepet cabut Kabel USB yang masih nempel di Laptopnya uchi, tadi gue pake memory Hape soalnya Flashdisc gue lagi dipinjem pacar gue buat ngeprint skripsinya.  Si Roni gelisah pengen cepet-cepet gue pergi. Dalem hati gue bilang ‘iya kampreet!!! Gue bakalan pergi,, gue bakalan pergi,, meninggalkan semuanya yang telah gue bangun bersama cewek loe itu,, (apa juga yang udah gue bangun coba?). Laptop gue matiin, pengennya sih sekalian matiin cowok itu juga yang bikin gue gak enak hati.
Hape gue Bunyi , ada sms dari pacar gue…  nanyain skandal di facebook, kaki siapa gerangan yang dituduh sebagai korban kebanyakan nonton film porno itu? Dia curiga pemilik kaki itu adalah gue. Soalnya gue ditaggin di fotonya.. ah.. tambah bête gue!!! Bête stadium akhir!

Gue : “uchi.. mas Roni… saya duluan yah..”
Uchi : “kok buru-buru? Sih kak?”
Gue : “ Pacar kakak udah sms barusan”

Gue bilang gitu sebagai alibi biar gue bisa langsung pulang, sekaligus ngejelasin sama Si Roni sang Lelaki Melayu Pencemburu itu kalo gue emang bukan siapa-siapanya si Uchi, gue punya pacar dan gue juga bukan homo.

Uchi : “owh.. yaudah.. makasih banyak ya kak!” senyumin gue…
Gue : “ okey”

Tadinya gue mau naekin Satria FU warna Hitam yang lagi diparkirin di depan speedy corner,, tapi gue sadar itu bukan motor gue,, lagian gue tadi dateng jalan kaki,, lagian juga gue emang gak punya motor….
Sebagai pejalan Tangguh seperti buasanya gue jalan cepet-cepet  dan menghilang ditelan keramaian pedagang kaki lima yang udah mulai padatin jalan

ngilang..  cling!!!  (nyeruduk trotoar jalan… oleng dan nyaris masuk selokan).
Sebuah pelajaran : Kalo udah punya pacar, Lain kali gak usah Sok baek sama cewek , berbahaya..bisa kena sial. biasa aja.. bila perlu kalo ada cewek cantik minta bantuan bilang aja “maaf mbak saya homo!” 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar