SELAMAT DATANG... SELAMAT MENIKMATI HIDANGAN KAMI, (ITU JUGA KALO ADA)

Senin, 03 Januari 2011

Memory 3rd January


Tanggal 3 januari ya? Hmm mungkin semua orang setuju kalo 2 hari sebelumnya yang patut dikenang (maksudnya 1 januari) yaeyallah, taun baru gitu loh! Semua orang bersorak gembira membabi buta meniup sangkakala sampe pipi pada tembem, nyalain kembang api ampe lupa nafkahin isteri.. Sementara gue lebih pengen ngenang 3 januari. Bagi gue 3 januari adalah simbol ketulusan dan kesetiaan seorang Suya terhadap seseorang yang dicintainya. Wew! Cinta? Apalah itu gue gak ngerti. Yang jelas gue pengen ceritain ada apa di 3 januari beberapa tahun yang lalu.

Waktu itu gue masih ada di bandung, di kampung gue tercinta. Bersama emak dan abah gue. Gue yang udah ampir 2 tahun lamanya punya hubungan deket ma seseorang sebut saja namanya Anis  tapi belum aja punya kejelasan status. Berkali - kali gue coba tembak tapi selalu ditolak dengan alasan belum siap lah, takut ma ortu lah, udah janji kudu belajar dulu lah, apalah..  Mungkin kalo statusnya berpacaran ma gue dapat menyebabkan kanker,serangan makhluk Alien, impotensi, dan gangguan kejiwaan. Tapi Anehnya kita tetep hubungan terus. Awal mula dari kakak - adek, trus naek kasta jadi ber aku-kamu, ayank - iyank,sempet ber dinda - kanda. (Untuk aja gak ber Gareng - Petruk). Jujur sih pertama ketemu dia, gak ada perasaan apapun yang timbul (istilahnya bukan cinta pada pandangan pertama kayak Engkong Arrafiq). Dia yang jadi adek kelas gue waktu di extra kurikuler sekolahan, mungkin terkesima terpana dan tersantet tingkah laku gue yang sedikit menyimpang (aneh). Dia pengen kenal gue lebih deket dan pengen Jadiin gue sebagai kakaknya. Mungkin dia tertarik ma nasihat gue kalo dia lagi curhat. Akhirnya gue jadi deket juga ma dia, tapi jujur waktu itu gue belum suka.Karena Anis ini Jadi pemuja rahasianya si Tampan dari Gua Hantu ini, Cari tau tentang segala sesuatunya tentang gue, Lama kelamaan si Anis ini bisa juga luluhkan hati gue yang sekeras Siomay Mang Udin. Tapi karena gue yang selalu ke luar kota, buat PKL magang dan kerja. Akhirnya kita jalanin LDR. Gue tau statusnya emang belum resmi, tapi kita bedua udah saling sayang dan saling percaya. (yakin loe?)

 Anis 4 bulan ditinggal di Bekasi, 6 bulan ditinggal di Batam , 5 bulan dtinggal di Jakarta. Gue jadi Lebih sering pacaran ma HP ketimbang ma orangnya langsung. Nah kebetulan gue sepulang dari jakarta. Gue ada di rumah dan udah rencanain buat nembak dia lagi. Kali ini gue udah yakin pasti diterima soalnya gue nelpon dulu sebelum nembak.
'' yank? Hari ini ada dirumah gak?'' tanya gue sok manis
'' ada,emang napa?'' seperti biasa jawab dengan jaim padahalmah senyam senyum sendiri dipanggil yank, (dia pikir ayank ato sayank kale yah? Padahalmah Tiank jemuran ).
'' hari ini aa mau nembak kamu yah!'' pertanyaan gue yang sedikit ajaib itu membuat keheningan di telpon yang masih nyedot pulsa tik titk tik sroot!!! Rp.1000 tik titk tik sroot!!!Rp.2000 Dia hanya diam dan gue ceritain mau bikin kejutan yang beda.

Kalo cowok yang normal dan makannya nasi dan lauk pauk yang bergizi biasanya sih nembak pake kata - kata doang, ato ditelpon, tapi gue  gak mikir gitu. Gue udah lama hubungan dan udah beberapa kali nembak ditolak terus, masa kudu sama aja?

Sebelumnya Nembak depan masjid Agung pas magrib , ditolak. Dia yang nolak, dianya juga ya nangis  sambil lari - lari (persis banget adegan sinetron Cinta Fitri yang menguras air mata, air kencing, air PAM, sekaligus air sumur dan air - air lainnya ) pengennya dia sih, gue ngejar dia yang lagi berlari sambil bercucuran air mata di tengah keramaian itu tapi gue malah langsung pulang naek ojek, karena inget makin malem ongkos ojek makin mahal, duit gue gakkan cukup, males aja kalo kudu ngesot ke rumah mah. Terus pas lagi Long distance, Lagi di Bekasi gue kerja, gue yang lagi tiduran di mesjid, Tiba - Tiba gue ngeliat ke langit ada awan bentuknya lope, trus kepikiran buat nembak dia pake sms, padahal udah rangkai kata - kata yang bagus sedikit gombal dan melambay tapi ditolak juga . Mungkin dianya sama - sama liat langit dan ada awan yang ngebentuk tampang gue lagi boker, jadi dia eneng sendiri dan ditolaklah gue. Nah sekarang lah saatnya gue nembak yang bener - bener tepat! Pikir gue sambil siapin amunisi penembakan hari itu.

Pagi - pagi banget gue kerasak krusuk ke kebon tetangga. maksud Hati mau nyolong kembang. kebetulan di kebon bunganya lagi bersemi. Layaknya Syahrukhan di pelm - pelmnya gue nari - nari ditengah kebon kembang pagi - pagi buta (padahalmah, lari - lari soalnya anjing tetangga mencium bau pantat gue yang bikin kembang pada mati gagal panen) . Abis seiket kembang dapet, gue langsung ke warung beli telor. niatnya gue bikin Martabak telor buat si Anis tersayang. Karena sibuk Nyari sepatu, tu adonan martabak akhirnya jatuh ke tangan emak gue,,
'' mak tolong bikin omelet yang enak ya! Buat bekal, suya mau lari pagi!'' bohong gue. Padahal tu omelet mau gue kasihin ke Anis dan ngaku tu martabak buatan gue. Dan hebatnya tu omelet jadi juga dan lebih enak dari biasa yang gue bikin (mungkin emak yang baru bangun, jigong dan bulu ketek yang masih berterbangan bisa jadi kunci kelezatan yang tiada tara ini).

Gue dengan Celana sontog kucel dan kaos indis, ngegendong ransel katrok yang isinya bunga, Martabak dan Binder gue serta bersepatu butut milik kakak gue yang gue pake tanpa izin resmi itu bersiap melakukan perjalanan Cinta. Gue mau ke rumah Anis yang jaraknya ± 12 KM dengan jalan kaki. (sumpeh lo?) Beneran!! gue awalin langkah pertama dengan basmalah, selanjutnya langkah kedua dengan kentut yang sunyi tapi berbau telor busuk yang tajam sekali (maklum tadi pagi lupa setor dulu). Gak lupa sms Anis juga. Anis cuma bales, 'gak usah! Ngapain repot - repot, jalan segala, ntar sakil lagi '(sok perhatian!, padahalmah pasti hatinya senang dan terharu si kampret ini bener - bener mau cape buat dia). Emak cuma tau anaknya mau lari pagi aja, padahalmah perjalanannya lebih historis dari perjalanan Guru Tong dan Murid - murid Itu. (tong kosong, tong sampah, dan tong ting tong).

Gue berjigong dalam berjoging, sambil mengap - mengap dibawah matahari yang menyengat padahal baru pukul 8 pagi. sesekali gue Fotoin tempat -tempat yang gue lewatin. Itung - itung jadi bukti kalo gue beneran lari dari rumah, bukan naek angkot, Andong atopun kereta kencana milik nyiblorong. Hari semakin terik, Gue yang lupa bawa minum udah mulai kelepek - kelepek, padahal perjalanan baru setengah jalan. akhirnya gue buka dompet gue buat pertolongan pertama penderita kelaparan. Emang dasar dari awalnya gue bilang ma Anis gakkan bawa duit sepeserpun apapun terjadi,(padahal kenyataannya bawa dompet juga buat jaga - jaga) ternyata omongan gue jadi bener! Dompet hanyalah dompet. Duitnya kagak ada!!. Sumpreet!!!

Udah 3 jam perjalanan gue mulai sempoyongan. Akhirnya gue rehat dulu di deket pom bensin. Sambil foto - foto tu tempat. Haha, kebetulan ada air keran nganggur, yaudah daripada gue KO sebelum nyampe tujuan gue kepaksa minum tu air keran. Rasannya sedikit bau pesing! Padahal itu pan pom bensin, gue pikir rasanya bakal sedikit premum ato pertamax gitu.  Sempet juga dipelototin emak - emak pas gue terobos perkampungan, karena tampang gue yang sedikit kriminal gue disangka mau maling jemuran, Gimana gak gak disangka mau nyuri coba, udah bawa ransel, tampang kucel,gerik gerik mencurigakan karena sempoyongan. Untuk aja tu emak bau tanah gak teriakin gue (Ganteng!!! Ganteng!!! Eh maling!!! Maling!!!). Dan Akhirnya setelah Patung Kuda yang menandakan Gue masuk ke Komplek Perumahan Anis, gue mulai genjot lagi ne kaki. Walau rasanya baut - bautnya udah mulai copot. rumah Anis ada di komplek perumahan kota. sementara gue? haha Perumahan Me-wah (mepet-sawah) yang dihiasi kebon - kebon dan sawah yang masih hijau. Di rumah Anis Berisik lalu lalang kendaraan, Sementara dirumah gue paling berisik suara katak sawah minta kawin atau suara tetangga yang manggil - manggil anaknya yang kecanduan layangan.

Akhirnya sampe juga, disana Anis sudah menunggu dengan senyum manis penuh haru. Tapi sedihnya gue gak diijinin masuk rumah. Anis masih belum siap liatin makhluk langka kayak gue ini ke orangtuannya. Tak apalah, gue maklum. kita bertemu di bawah pohon nangka. Gue ngasih dia omelet bikinan gue (ssssttt!!!... Hehehe) dia keliatan seneng banget dan terharu banget liat perjuangan gue. Gue ambil bunga lalu gue kasihin ke Anis (romatis yang tragis) sambil nanya
'' nis, kebangetan dah kalo masih ditolak mah , mau ya jadi pacar aa''
Anis hanya tersipu Malu dan mengiyakan juga..

hah DITERIMA,,

Senyum bahagia gue seketika sirna lagi, ketika terbesit bayangan gue yang kudu balik lagi kerumah semaput setengah mati. Apalagi perjalanan Pulang dijamin 2x lipat lebih Sadis,mengerikan dan tanpa ampun itu. Mengingat rumah gue di lereng gunung. Pasti hanya pendakian yang brengsek yang bakal hiasi perjalanan ini.. mau minta ongkos ma Anis terus pulang naek angkot tapi gengsi. Masa pejuang cinta setengah - setengah?? Ya sudahlah.. Gue pulang juga sampe ngesot - ngesot nyampe rumah dengan selamat.

mission Complete.
(note : pinggul gue serasa mau putus)

Setelah penembakan itu Anis makin sayang, dan Anis lebih perhatian ma gue. Walau harus terima kenyataan dia bakalan ditinggalin lagi ma gue ke Bandar Lampung ini buat mengadu nasib (bahasanya Sinetron amat ya?)

Hmm, sekarang?? gue udah gak jadi pacar dia lagi. tepatnya beberapa bulan yang lalu. dia mutusin gue, mungkin karena dia ngerasa Gue gakkan bisa ngerubah sikap gue lagi yang makin lama makin egois aja. Padahal kenyataannya? gue sembuh! Gue gak egois lagi mentingin keinginan gue doang, tapi terlambat. Dia udah gak ada waktu lagi buat percaya ma gue. Gue berharap sekeras apapun sampe sering sakit hati ini, mungkin dia gakkan jadi Anis yang dulu lagi. Yang terima gue apa adanya.

Makasih nis, biarpun sekarang kita mantan, kamu udah jadi mantan terindah buat gue. Gue belajar bagaimana menghargai kepercayaan. Moga kamu yang udah kerja disana dengan Gaji dan Fasilitas memadai disana tetap rendah hati seperti Anis yang dulu. Gue pun bakal begitu, Tetep suya yang dulu. walaupun sempat jadi egois dan jahat, sampe kamu putusin buat ninggalin, tapi sekarang Suya udah kembali seperti suya yang dulu. Yang kucluk, yang kacrut, gila, periang, dan ambisius gapai cita - citanya kelak (jadi pramugari? Apa polwan?).  

Thanks my Ex - your are the inspiration..

3 komentar:

  1. tinggal tunjukan weh, kau tlah brubah broo...

    BalasHapus
  2. makasih brader,, maksudnya tunjukan kalo aku memang sudah berubah, jadi kesatria baja hitam berkepala panjul ya?? hahaha... :D

    BalasHapus
  3. ahiieww.. ada foto patung kuda uy... :P

    BalasHapus