SELAMAT DATANG... SELAMAT MENIKMATI HIDANGAN KAMI, (ITU JUGA KALO ADA)

Kamis, 06 Januari 2011

Kosan Nomaden


Pulang Gawe memang paling menyenangkan kalo langsung pulang aja. Gak usah ada lembur ini itu yang sampe saat ini kagak jelas itung - itungannya. Biasanya kalo gue kena shift pagi, Jam 16.20 gue udah nyampe kosan. Sudah rebahan di sofa, sambil pijit - pijit hape sekedar liat wall pesbuk gue. Tapi kalo kena shift super duper pagi (masuk jam 5.30) otomatis pulang lebih awal. Sebelum acara rebahan di sofa berkutu busuk itu, jam 2 gue biasanya tidur siang dulu. Berharap Donita ato Aura Kasih memanjakan gue dalam mimpi setelah lelah mencari nafkah. Tapi Biasanya sih Bidadari - Bidadari berwajah Npok Nori yang doyan ganggu tidur siang gue. Bikin mual… ueek..

Sampe udah bangun pun mualnya masih membekas diperut. Buat ngilangin tu mual biasanya gue bikin kopi sambil rebahan di sofa itu, ato kadang - kadang gue Online mangku laptop disitu. Sesekali kedenger bunyi berisik kerta “BABARANJANG” lewat. Apa itu?? babaranjang itu nama kereta yang special ngangkut barubara. Namanya dari singkatan Batu Bara Rangkaian Panjang. Emang panjang sih!! 40 gerbong ditambah 2 lokomotif. Kalo itu kereta ngangkut orang - orang kayak gue mungkin namanya berubah dikit jadi “ODOLRANJANG” (Orang- orang Dodol Rangkaian Panjang). Kalo yang belum terbiasa dengan suasana kosan gue, pasti stress kagak bisa tidur, soalnya emang pas banget ada di belakang rel kereta. Tapi gue dan 3 orang kampret lainnya yang mendiami kosan itu udah terbiasa. Mungkin karena kupingnya udah overdosis kotoran telinga yang jarang dibersihin ato gak sadar ajian Pak Bolot udah merasuk secara diam - diam. Pokoknya kita udah ngerasa nyaman disini. Walau kadang yang punya kost berisiknya melebih kereta babaranjang. By the way, soal tempat kost ini? kalo gue pribadi sih ini kosan ke 4 yang gue tempatin bareng temen gue yang sama - sama teknisi selama gue kerja di kota ini. Ya di kosan ini yang paling lama, lebih dari satu tahunan. Kalo 3 kosan sebelumnya? Hah.. Itulah yang mau gue ceritain.. nomaden (menclok sini menclok sono)

Pertama kali gue menginjakkan kaki di bandar Lampung ini, bareng temen gue sesama teknisi (tapi dia sedikit melambay), gue dihadapkan sama satu tempat kos. Tempat itu ditunjuk sama management sebagai tempat kost karyawan yang merantau dari pulau jawa. Ya mau gak mau gue kudu diem disitu. Kalo gue liat kosannya kayak rumah susun di film kungfu Hustle. Cuma bedanya kalo di film kungfu Hustle yang menghuni orang - orang yang pada jago kungfu? Nah kalo disini diisi sama makhluk - makhluk ganjil yang biasa keluar malem - malem dengan dandanan menor, bedak, lipstik, blash on, maskara dan dada palsu yang tidak lain adalah Beha yang diisi kapuk atau busa jok motor serta sering menyapa pelanggannya dengan manis..

''mas,, godain ekeu.. Dwongg!!'' sambil bibirnya monyong -monyong gak karuan..

Pokoknya sangat sarat dengan kengerian. Brrrr.. Bikin epilepsi... Haaah, mau gimana lagi ya gue nurut aja apa kata management.

Di tempat itu gue ketemu temen - temen perantauan juga yang nasibnya kagak jauh dari gue. Terdampar di sarang Banci kaleng demi lanjutin prosedur karyawan luar pulau yang kerja di hotel. Awalnya kita yang sama - sama ngrantau ada 7 orang. Fajri si Jago bersihin kamar tinggal bareng Hadi si pengantar tamu. kosannya bersebelahan sama si Lemah lembut Kak Uli (banci salon). Si kakak Uli ini kagak ganas dibanding yang lain, dan setelannya pun cowok. Gak pake rok atopun renda - renda mengerikan itu. Tapi baik banget terutama sama cowok. Kadang Fajri suka disugunin kopi dan disuruh mampir ke kosannya yang didalemnya ada poster Ricky Martin lagi telanjang dan pas bagian itunya cuma ditutup pake topi koboy. Kalo udah gitu, kita suka khawatir sama Fajri. Kita suka tes kentutnya Fajri. Kalo bunyi kentutnya fajri masih ''preet'' berarti fajri gak di apa - apain, tapi kalo bunyinya udah ''paahhh..'' wah, bahaya itu.. Sepertinya fajri sudah direnggut kegadisannya. Untungnya hal itu kagak pernah terjadi.

Nah, temen gue yang selanjutnya dia berdua juga di satu kosan yang sedikit menjorok ke dalem. Nurbi si pengantar tamu dan Hari si pembersih area umum. kosan mereka sebelahan sama Si Garang Sherly. Nama yang cantik buat banci kaleng bertubuh kekar dan berwajah bringas. Pokonya kalo mau gambarin, bayangin aja badan Bang Tigor, tampang sangar dengan make up  yang anggun dengan nama yang manis.. Sherly.. Si Sherly ini kurang bersahabat. Jarang nyapa sama yang laen. Tapi bikin bete kalo udah jemur kancutnya yang segede taplak meja itu di depan kosan gue. Bau Tempe Bacem yang semerbak itu kadang - kadang menghancurkan selera makan gue. Kosan gue ada di atas (lantai 2). Disana ada si imut Gue dan temen gue Egi yang sedikit melambay. Memuja Beyonce dan Lady Gagah. Pokoknya agak kurang gimanaa gitu kalo mengingat jabatan dia sebagai teknisi. Tapi tak apa, orangnya baik dan Perasaan sama temen. Dan satu lagi temen gue namanya Hendar si Pembersih kamar juga sama kayak fajri. Kamar si Hendar ini ada di samping kosan banci yang paling cantik, Paling molek dan paling mirip banget sama cewek. Tapi tetep aja... Batangan!!!

Karena masa sewanya cuma bentar, Kira - kita kita bertujuh satu bulan disana lalu kita dipindahkan ke kosan yang lebih manusiawi. Meskipun tempatnya kecil dan sempit tapi kita kesempitan (jelas lah dodol!). Bayangin aja kamar segede jamban kampung diisi sama orang 7? Gila apa? Tapi itulah yang terjadi. Dikosan itu juga pertama kali gue ketemu Cipto. Tambahan teknisi lagi yang ditransfer dari bandung. Cipto yang berperawakan tinggi jangkung dan botak itu menurut gue mirip cottonbud (korek kuping) itu harus rela tidur bareng si manis Egi yang kadang - kadang suka gerayangin gak sadar. Lengkap lah kita berdelapan disana.

Menurut gue sih keluarga ibu kostnya aneh – aneh. Kagak ada yang beres. Di rumah segede gitu aja tinggal 3 keluarga. Keluarga si Ibu bersama suami dan kedua anaknya. Keluarga kakaknya si ibu bersama isterinya dan Ibunya si ibu (si nenek) bersama adiknya si ibu kost (si bungsu) yang sedikit manja. Gimana dibilang manja coba? Muntah di teras aja ampe bilang sama ibunya (si nenek) padahal umurnya udah 37 tahun. Si bungsu Belum nikah dan belum punya kerjaan juga. Paling kerjaan rutinnya pergi ke mesjid, dan pulang dari mesjid langsung menggeluti hobinya yaitu merumuskan angka – angka. Kalo dapet duit dari hasil merumuskan angka – angka itu, dia suka bilang “ Alhamdulillah, dapet rezeki!!!” ckckckc .. sedih banget gue liatnya. Adanya indikasi dari keluarga ibu kost yang sedikit bikin bĂȘte, suka Ngomongin orang dan terlalu mengatur... Pokoknya gue juga jadi gak betah disana.

Setelah Masa gratis selesai, akhirnya kita terjadi perpecahan. Gue cipto dan Egi bersikukuh tinggal disitu, sementara yang lain cabut cari kosan yang lebih nyaman. Kenapa gue tetep tinggal padahal udah mencium bau keganjilan disana? Pertama gue hargain egi yang betah banget disana soalnya dianak-emaskan sama si anak yang punya kost. (yaeyallah di anak emaskan, anaknya cewek, kalo deket sama gue atau yang lain gak mau lah, jelas keliatan dari tampang aja udah cowok haus kasih sayang, tapi Egi sepertinya aman! Dia kan melambay). Kedua kalo maksain pindah bareng lagi, otomatis pasti kurang nyaman karena tetep berjejal. Di kosan mereka yang jadi tempat kost gue sekarang itu, disana juga satu persatu teman kita pulang ke kampung asal. mungkin gak betah ato jiwa petualangnya kurang jadi mereka balik kampung lagi.

Setelah Egi pun pulang kembali ke Bandung sana. Gue dan cipto pun hunting cari kosan baru yang bener - bener bisa jadi tempat peristirahatan. Bukan cuma istirahat badan, tapi juga istirahat hati dan pikiran. Tanpa diomongin ini itu, tanpa diatur gini gitu dan tanpa ngedenger pertengkaran rumah tangga lagi yang bikin pusing kepala. Disana seolah  - olah kita jadi penonton di sinetron yang berlangsung dengan cerita memperebutkan warisan yang tidak seberapa itu.. Live pula,, apa gak stess tuh? Makanya kita bedua mending cabut dari itu tempat syuting sinetron kampret itu.

Akhirnya setelah hunting beberapa minggu, Gue sama  cipto menemukan tempat yang ajib!! Kosan Bentuknya Rumah, gak bareng sama yang punya rumah, dengan pemandangan keluar sangat yahut!! Haha, sekumpulan cewek cewek sma yang lagi pada jajan bakso tepat disamping kamar gue. Jelas lah didepan ada sekolahan SMA. Enak banget disana, serasa rumah sendiri. soalnya gak ada yang ngatur. Cuma surga itu hanya berlangsung satu bulan saja. Sejak Kamar sebelah diisi pendatang baru, Kebeteanpun mulai terjadi. Kalo misalkan kamar sebelah diisi sama orang - orang cupu kayak gue dan Cipto, gue kagak masalah (paling bikin komunitas Cupu ke sekota Bandar lampung) tapi kalo yang masuk tu Bapak - Bapak botak yang sudah beranak isteri dan mereka bukan hanya hidup di Kamar mereka, tapi juga menginvansi seluruh ruangan yang ada di rumah itu.. Gue dan cipto kagak tahan. Ruang Tamu yang asalnya kosong, kini sudah berisi perabot keluarga itu. Dapur, bahkan kamar mandi yang biasanya luas, sekarang bejibun cucian keluarga itu. Kebayang Tiap malem kudu denger suara - suara aneh dari kamar sebelah.. Kadang terdengar  “Ahh..” Kadang “uuh..” Kadang “ooh...yess” Wah jadi mikir yang enggak enggak deh gue. Ketika gue asyik boker, Tiba - tiba anaknya gedor - gedor pintu WC,, dan kenikmatan gue pun terputus, seiring terputusnya tali kehidupan dibawah sana. Pokoknya Arrrgh.. kalo lo ngerasain pasti lo udah gatung diri di pohon toge. (maksod lo??)

Di sisi lain, kosannya si Fajri, Nurbi dan kawan - kawan yang lain sedang dilanda kesepian, satu persatu teman pada balik lagi ke kampung mereka. Hingga tersisa 2 makhluk itu saja (Fajri dan Nurbi).Gue dan Cipto yang udah kagak tahan disana berinisiatif buat mempersatukan kembali kemesraan kita dahulu yang sempat terpecah. Yaitu dengan pindah kosan lagi ke tempat si Fajri dan Nurbi. Disana kebetulan ada kamar yang kosong. Gak pikir panjang lagi. Menjelang 2 hari masa sewa kita abis, Gue ma Cipto udah cabut dari kosan yang diinvasi keluarga kutukupret itu Dibantu sama Fajri dan Nurbi. Malem - malem kita angkutin kasur dan barang - barang pake vespa pinjaman bapak kost yang sekarang ini. Pukul 12 malem manggul kasur, clingak - clinguk di sepanjang gang. Berharap semoga gak ada warga yang teriakin maling. Soalnya mirip banget sama Maling Kasur. Yang satu Jangkung dan kriminal ,yang satu katrok dan keliatan wajah orang susah.  Cocok!!

Dan Akhirnya Jadi juga kita berempat di tempat ini. Tempat dimana gue rebahan di sofa berkutu busuk dan mereguk segelas kopi.. Surupuuuut... nendaaang!!! (perasaan kayak iklan apa gitu ya?)

1 komentar: