SELAMAT DATANG... SELAMAT MENIKMATI HIDANGAN KAMI, (ITU JUGA KALO ADA)

Rabu, 12 Januari 2011

Legenda Tembok Menangis


Waktu kecil gue pernah denger cerita rakyat yang judulnya ''Legenda Batu Menangis''  lupa dari daerah mana pula. Gue denger cerita itu gak tau dari mana. Yang jelas pasti bukan dongeng pengantar tidur gue yang diceritain emak. Emak gak pernah dongengin gue. (paling bantar teriak - teriak nyuruh gue beliin terasi). Tapi waktu kecil itu yang bikin gue kangen, gue tidur di samping emak bukan karena dongeng tapi karena denger suara ngoroknya yang merdu, suaranya mirip deburan ombak Pantai Losari yang bercampur kentalnya Lumpur Lapindo. Biasanya emak tidur duluan dibanding anaknya yang dibikin tidur.

Nah loh.. ini beda ceritanya kalo judulnya ''legenda tembok menangis''.  Yang ini bikin pusing, bikin mumet dan bikin gue yang bertampang kucel ini jadi tambah kucel karena kudu rela betah di langit - langit ataupun atas plafon. Tembok menangis itu maksudnya tembok yang bisa keluarin air. (ajaib!!!) terutama kalo lagi musim hujan, Alias BOCOR.

( iklan terselubung : Nakanya pake yang anti kerut anti bocor... Charm Tembok Fit!!!).

Kalo loe lihat pemandangan dari mulai lobby nyampe kamar pasti keliatan normal - normal aja. Tapi pas intip keatasnya, (dibalik plafon) Beuh... Kayak karnaval!!! Rame bangeet!! Talang - talang air bergelantungan, selang - selang air seliweran, tambalan - tambalan beton bersahutan, dan teknisi - teknisinya berjumpalitan di atas plafon. Saking banyaknya titik bocor di ini bangunan, udah kagak bisa keitung. (masih bisa sih, kalo niat ngitungnya itu juga).

Kok bisa ya hotel baru tembok, dinding, betonnya pada bocor? Itu dia masalahnya, gue juga heran. Menurut penelusuran Ki Joko Pinter sih katanya di bolongin makhluk halus, pake goyang ngebor. Gak masuk akal kan? Iya lah.. gak masuk akal karena gue cuma mengada - ngada doang. Kalo versi aslinya kata Staf perawatan bangunannya menjelaskan bahwa terjadinya bocor ini disebabkan karena bangunan bertingkat ini diselesaikan hanya dalam waktu 2 tahun (cepet) dan sistem betonnya masih premature buat dihuni, maka terjadilah retak - retak halus yang mengakibatkan kesengsaraan terhadap teknisi yang semakin bergeser fungsinya menjadi tukang tambal beton dan tukang bikin talang air.

Gue pernah menghadapi kebocoran beton yang paling parah. Lokasinya di Fitness Room. Pertamanya sih cuma tetesan kecil ke lantai fitness, pas gue dan temen gue yang sesama teknisi cek ke atas, ternyata mirip hujan yang keluar dari  beton. Sungguh menakjubkan! Titik bocornya banyak banget mana deras pula. Kalo detinya  gini ceritanya..

Mula - mula dua orang berperawakan kurang gizi dan berseragam teknisi naek ke atas plafon. Merayap - merayap menyusuri bagian tulang plafon yang bisa diinjek. Adegannya mirip film Dokumenter planet satwa liar ketika sang rusa jantan bergerak hati - hati siap menerjang si betinanya. Pas nyampe di bagian yang bocor, gue berbisik mesra sama partner gue

''A, kayaknya plafonnya udah lembab neh,, '' jelas gue ma Kang Adi.
''Ati-ati, jangan nginjek yang basah'' Kang Adi ngewanti -wanti gue.

Baru aja bilang gitu, pas gue langkahin kaki eh tiba - tiba bunyi KRAAK yang menyentuh hati sanubari terdengar. Jah.. Sekonyong-konyong plafon yang udah rapuh itu jatuh ke lantai dengan suara BUUGH! yang bertenaga.  Terlihat seorang ibu-ibu yang lagi fitness mangap – mangap ngegoes pedal sepeda fitness pas banget disini plafon yang jatoh. Dia kaget,  begong tak terkendali, mungkin dalem hatinya teriak ' sialan, untung gue gak ketiban plafon, kalo kena bisa - bisa make up gue yang udah mirip Luna Maya inii ancur blepotan' tapi tak terungkapkan karena kaget yang luar binasa... Tapi pas dia liat keatas, ada gue yang lagi nemplok disana dengan masang tampang kaget pula (mungkin mirip Afgan lagi ngeden karena eeknya keras) serentak dia mundur sambil teriak.

Aaargghh!!!

Gue jadi heran sendiri, ibu- ibu ini kaget karena takut tertimpa plafon rapuh ato kaget liat  gue ya??..

Sejak saat itu, tempat itu dipasangin tirai, diamankan biar gak keliatan orang yang lagi fitness kalo TKP ternyata udah bolong hancur dan lagi diperbaiki. Mirip tirai di acara kuis Super Deal. (pilih tirai putih?? Deal?? Deal!!!! Anda mendapatkan satu petak plafon bolong dilengkapi tetesan - tetsan bocor yang menyengsarakan jiwa plus dua teknisi kucel yang lagi nambal didalamnya). Tetesannya deras gila, gak tau tuh air asalnya dari mana, yang jelas keluar dari beton. Dikasih ember beberapapun cepet banget penuhnya. Kalo itu air keramat, gue jual deh. Bilang aja dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kurang ganteng, dan jomblo menahun.  Tapi ini cuma air biasa yang cuma berkhasiat bikin bete teknisi. 

Perbaikannya makan waktu nyampe 3 minggu saking banyaknya yang musti ditambal. Gue dan temen - temen sesama teknisi yang udah dapet giliran selesain kerjaan itu kadang musti diem seharian di atas plafon. Diatas plafon itu gue cuma ditemenin sebotol damdex dan semen (bahan - bahan perbaikan betonnya).  Pernah suatu ketika gue kebelet pipis diatas. Mana tangga jauh banget dari tempat gue.  Air kencing udah berada diujung tanjuk pula, Pas gue tengok ada sebuah botol yang berisi damdex tinggal sedikit lagi. Yaudah daripada pipis di celana trus rembes ke plafon lagi dan disangka kebocoran baru, gue kencing aja di botol itu. Saking kebeletnya damdex yang tinggal seperempat botol itu kini penuh lagi (hasil oplosan pipis gue). Karena gue males buang, yaudah gue taruh aja di atas. Besoknya ada teknisi yang lanjutin kerjaan gue. Namanya Fery. Gue yang kebagian service AC gak ikut lanjutin itu kerjaan betulin bocor. Abis istirahat si Feri ngeluh soal kerjaannya ma gue.

''Suy, gue mah gak abis pikir, napa yah tadi nambal pake adonan damdex susah nempelnya'' curhat fery ma gue.
''Emang lo pake damdex yang mana?'' gue mulai curiga.
''Ya yang lo pake  kemaren itu,, kayaknya kadaluarsa, soalnya pas gue pegang kerasa kagak panas di tangan dan semennya juga gak cepet kering, malahan bau – bau kadaluarsa gitu, mirip pipis kucing, sepet asemm''. Jelas fery

Denger dia ngomong gitu, pengen banget gue ngakak membahana membabi buta. Tapi gue tahan sekuat tenaga ampe muka udah kagak karuan keliatannya. Kalo gue bisa gambar itu expresi muka pasti pinsilnya patah, saking abstraknya tu ekspresi wajah. Kalo gue ceritain yang sebenernya pasti dia ogah lanjutin kerjaannya dan nunjuk gue buat beresin adonan pipis campur semen itu.. Yaudah gue dengan senyum meringis mengiris hati gue jawab:

''Iya, emang damdexnya jelek, kayaknya udah kadaluarsa., loe minta aja yang baru''.. Suara gue sedikit bergetar karena beneran gak kuat pengen ketawa.. Kebayang waktu dia remas-remas adonan semen yang dikasih air kencing gue. Gak tega gue ceritainnya. Untung aja tangannya kagak tetanus. 

Nah kayak gitulah gimana repotnya kalo tembok -tembok hotel udah pada nangis. Apalagi kalo udah hujan. Karena makin lama makin banyak dan cara tambal betonnya juga butuh biaya buat bahan maka dialihkan dengan bikin talang. Temboknya gak ditambal, tapi langsung bikin talang. Bisa dari pot kembang, kalo bocornya kecil, Bisa Jadi dari plat yang dibentuk loyang kalo bocornya udah banyak dan parah.

Gara-gara legenda tembok menangis itu, sampe sekarang si sembuat talang kagak sepi orderan Tapi gue seneng dengan kerjaan gue, Apapun itu adalah proses hidup gue yang selalu optimis buat gapai cita – cita yang harus disadari juga emang gak mudah, penuh perjuangan, kerikil tajam, dan bau pesing sekali – kali.

1 komentar:

  1. jiaaaahahahahahahahah parah maneh suy,,,, laina bawa sakalian tah botol pas balik,,,,
    brekeun ka babaturan EXTRAJOS qtu wkakakakakaka

    BalasHapus